Chicken Rice With Chinese Barbecue Sauce




Aku suka banget daging yang di charsiew, tapi aku kan ngekos jadi susah buat ke pasar pagi2 beli ayam segar. Tapi di mall yg ada mart nya daging yang dijual cenderung ga fresh dan udah ngeluarin bau, apalagi aku dulu paling ga suka nyentuh daging mentah dan apalagi kalai dagingnya ngeluarin bau aneh. Ihhh rasanya pengen muntah. Tapiiii, karena aku suka masak, aku mikir aku suka masak tapi ga bisa nyentuh daging mentah, lahhh gimana. Jadi terpaksa aku usahain buat nyentuh daging walaupun agak sedikit aneh. Nah balik lagi, pas aku ke mart buat nyari fillet ayam ternyata ada yang masih fresh dan ga ada bau, cara tau nya gampang, aku lihat warna masih pink muda gitu, trs aku buka wrap nya dan nyium ternyataa gaada bau. Nah aku seneng donggg wkwkwkwk. Aku jadi semangat deh buat bikin ini. Langaung aja lihat resep nya yaaa.

Bahan: 
1 mangkuk nasi yang sudah matang (jangan memenuhi mangkuk ya, biar ayam nya muat di mangkuk hehehe)
200 gr fillet ayam
3 sdm chinese sauce barbecue
2 sdm minyak
1 sdt merica
1 sdm gula pasir
1 sdt minyak wijen
4 sdm kecap manis
200 ml air

Taburan:
Biji wijen putih
Irisan tipis daun bawang/bawang pre/daun pre

 Cara membuat:
1. Dalam sebuah wadah siapkan fillet ayam lalu marinade dengan chinese sauce barbecue selama 1 malam atau kalau mau cepat 3 jam di dalam kulkas.
2. Setelah di marinade, siap kan teflon kecil saja (atau terserah kalau gak punya teflon) tuang minyak lalu masukkan fillet ayam yang sudah di marinade, lalu hidupkan kompor dengan api kecillllllll aja yaa 😁😁. Masak selama kurang lebih 30 menit.
3. Jangan lupa sambil dibalik terus ya setiap 5 menit. Setelah 15 menit atau ketika saus nya mulai kering tambahkan air sedikit" (jangan langsung tuang semua).
4. Setelah itu masukkan sisa bahan ke masakan kecuali. telah 20 menit tuang sisa air, lalu aduk dan tunggu hingga sausnya mengental.
5. Setelah mengental, matikan kompor lalu angkat, biarkan hingga hangat lalu iris setebal 1 cm atau terserah kalian aja deh.
6. Taruh irisan ayam diatas nasi dan tuang sisa saus nya kalau ada. Terakhir taburi wijen dan irisan daun bawang diatasnya.
7. Tadaaaaa. Sajikan dengan teh ocha pasti sedapp.

Sebenarnya resep ini gampang aja kann, cuman masaknya butuh kesabaran tingkat dewa. Jadi aku saranin buat kalian yang tipenya ga sabaran, mending gausa buat, langsung beli aja wkwkwkwk (bercandaa ding). Okehh, jadi semoga kalian enjoyy dengan resep inii. See you next timeee. 😊😊

Comments